Rabu, 29 Desember 2010

pestisida alami

PESTISIDA ALAMI SEBAGAI
ALTERNATIF PENGGANTI PESTISIDA BUATAN

A.Latar belakang masalah
Cabai merupakan salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan dimasyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari cabai sering digunakan sebagai bumbu yang harus ada dalam masakan dan tersedia dalam dapur. Selain itu cabai juga sering digunakan dalam pembuatan saus. Namun dalam kenyataannya banyak produsen yang mengganti cabai dengan berbagai macam bahan. Selain itu banyak masyarakat tertentu yang menggemari suatu masakan karena dalam masakan tersebut terdapat cabai yang membuat rasa masakan menjadi khas. Selain itu cabai digemari karena memiliki beberapa manfaat.
Namun dalam kenyataannya banyak para petani cabai yang menggunakan pestisida kimia untuk mengusir hama yang menggerogoti tanaman cabai mereka. Hal tersebut terjadi karena pestisida buatan lebih mudah didapat dan lebuh cepat terlihat khasiatnya. Pdahal jika para petani cabai tersebut tahu bahwa penggunaan pestisida yang tidak teraturdapat mengakibatkan berbagai hal yang tidak diinginkan. Salah satunya yaitu, jika para petani terlalu banyak menggunakan pestisida buatan dapat mengakibatkan kondisi tanah tidak seimbang. Selain itu penggunaan pestisida tidak teratur dapat mengakibatkan pestisida terserap dalam buah, dan dapat menimbulkan penyakit jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Pestisida yang terlalu sering diberikan pada tanaman juga akan mengakibatkan hama menjadi kebal dan membuat petani harus terus menambah jumlah pestisida yang diberikan.
Untuk itu sudah seharusnya para petani cabai khususnya menggunakan pestisida alami untukmenggantikan pestisida kimia atau buatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah penggunaan pestisida kimia adalah menggunakan pestisida alami, yang bahan bakunya mudah didapat dilingkungan kita. Contohnya pengunaan jenu yang dicampur dengan tembakau untuk mengusir hama wereng atau yang lain dalam tanaman cabai. Penggunaan pestisida alami memang lama menuai hasil, tetapi cukup ramah lingkungan dan tidak membahayakan para konsumennya.
Berdasarkan hal diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang akan dituangkan dalam karya ilmiah yang berjudul pestisida alami.


B.Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka rumusan masalah yang akan peneliti rumuskan adalah :Apakah benar tanaman jenu yang dicampur dengan tembakau dapat menghilangkan hama pada tanaman cabai ?

C.Tujuan penelitian
1.untuk mempopulerkan pestisida alami kepada para petani khususnya para petani cabai.
2.mempublikasikan tanaman jenu dan tembakau yang dapat digunakan sebagai pestisida alami.
3.mengganti pestisida buatan dengan pestisida alami.
4.memperbaiki kualitas cabai yang semakin menurun kualitasnya.

D.Manfaat
Manfaat penelitian ini adalah :
1.dapat populer petisida alami dikalangan para petani.
2.memberikan tambahan informasi kepada masyarakat tentang kegunaan tanaman jenu dan tembakau.
3.para petani dapat mengunakan pestisida sealain pestisida buatan.
4.dapat memperbaiki kualitas cabai yang semakin menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar