Jumat, 31 Desember 2010

MENGENAL KOMPUTER

MENGENAL KOMPUTER

DPS (data processing system) adala segala sesuatuyang berkaitan dengan dunia computer. Sedengkan EDPS (elektronik data prosessing system) memiliki pengertian system pengolah data secara elektronik. Computer sendiri merupakan salah satu alat pemroses data secara elektronis.
Kata “computer” berasal dari kata “to compute” yamg artinya : menghitung tapi menurut pengertian atau definisi yang lebih luas computer adalah :
seperangkat alat pengolah data secara elektronik, meskipun proses hitung-menghitung memegang peranan pada computer.
Suatu system elektronik yang digunakanuntuk memanipulasi data demgan cepat dan tepat serta dirancang supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah instrusi program yang tersimpan dalam memori.
Seperangkat alat elektronika yang bekerja bersama-sama sebagai alat pengolah data berdasarkan instruksi / program yang di berikan kepadanya sehingga menghasilkan suatu informasi ( hasil proses ).
Element computer
Elemen computer dapat dibagi menjadi tiga bagian pokok, yaitu :
1. HARDWARE (perangkat keras )adalah perangkat fisik computer yang bias dilihat dan dipegang dan dirasakan.
Hardware di bagi menjadi tiga yaitu :
a. input device (alat masukan ) :perangkaat yang berfungsi untuk memasukkan data yang akan diolah oleh computer. Contoh: keyboard, mouse, joystick, scanner, lightpen, detector, camera, disket/ cd data dll.
b. Proses device (perangkat pemroses ) : perngkat yang digunakan untuk memproses data yang di masukkan ke dalam computer, Proses Device ada dua CPU dan Memory.* CPU ( Central Prosessing Unit ), memiliki ALU ( Aritmatik Logcal Unit )yang bertugas melaksanakan pangolahan data dan unit control yang berfungsi mengawasi mengndalikan arus informmasi antar bagian computer.
* Memori adalah daya tampung dan keceptan proses pengolahan data computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar