Rabu, 22 Desember 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP N 1 SUKOHARJO
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 2
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud dan perubahannya.
Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit
Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.Menjelaskan pengertian kalor.
2.Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat.
3.Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat.
4.Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan.
5.Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
6.Menerapkan hubungan Q = m c t, Q = m U dan Q = m L untuk menyelesaikan masalah sederhana.
7.Menunjukkan pemanfaatan sifat kalor dalam kehidupan sehari-hari.
8.Menjelaskan macam-macam perpindahan kalor.
9.Menunjukkan penerapan sifat-sifat perpindahan kalor.


I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.Menjelaskan pengertian kalor.
2.Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat.
3.Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat.
4.Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan.
5.Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
6.Menerapkan hubungan Q = m c t, Q = m U dan Q = m L untuk menyelesaikan masalah sederhana.
7.Menunjukkan pemanfaatan sifat kalor dalam kehidupan sehari-hari.
8.Menjelaskan macam-macam perpindahan kalor.
9.Menunjukkan penerapan sifat-sifat perpindahan kalor.

II.Materi Pembelajaran : Kalor

III.Model dan Metode Pembelajaran :
1.Model Pembelajaran: CTL (Kontektual Teaching and Learning)
2.Metode Pembelajaran: Diskusi informasi, Eksperimen.

IV. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.Kegiatan Pendahuluan
.Motivasi dan apersepsi
-Mengapa logam dapat menjadi panas jika dijemur di bawah terik matahari?
-Mengapa es yang dibiarkan di tempat terbuka lama-kelamaan akan mencair?

.Prasyarat pengetahuan
-Apakah kalor merupakan salah satu bentuk energi?
-Apakah semua benda dapat menerima dan melepas kalor?
-Faktor apa sajakah yang mempercepat penguapan?
.Pra eksperimen
-Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.Kegiatan Inti
.Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
.Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil gelas, air dingin, air panas, pembakar spirtus, es, kapur barus dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.
•Peserta didik dibimbing untuk melakukan eksperimen secara langsung untuk melakukan eksperimen perpindahan energi dan hubungan antara kalor dengan wujud zat.
•Peserta didik disuruh untuk mengamati dan menyelidiki tentang kalor dan bagaimana kalor mengalir.
•Peserta didik disuruh untuk mengamati dan menyelidiki tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penguapan.
•Peserta didik disuruh untuk mengamati dan menyelidiki tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan suhu (kalor) suatu zat.
•Peserta didik disuruh untuk mengamati dan menyelidiki tentang perubahan wujud yang membutuhkan kalor dan melepaskan kalor.
•Menyuruh setiap peserta didik untuk menulis setiap hasil pengamatan.
•Menyuruh peserta didik untuk berdiskusi tentang hasil pengamatan perkelompok.
•Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
.Peserta didik (dibimbing oleh guru) bersama-sama menjelaskan pengertian kalor, bahwa kalor merupakan salah satu bentuk energi yang dapat mengubah suhu benda dan setiap benda dapat menerima dan melepas kalor.
.Peserta didik (dibimbing oleh guru) bersama-sama menjelaskan hubungan antara kalor dengan pengua-pan dan faktor-faktor yang mempercepat penguapan.
•Peserta didik (dibimbing oleh guru) bersama-sama menjelaskan perubahan wujud yang membutuhkan kalor dan melepaskan kalor.
.Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.Kegiatan Penutup
.Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
.Peserta didik (dibimbing oleh guru) merangkum kegiatan yang telah dilaksanakan.
•Guru memberikan tugas rumah

PERTEMUAN KEDUA
a.Kegiatan Pendahuluan
.Motivasi dan apersepsi
-Samakah prinsip kerja antara pendingin ruangan dengan lemari es?
-Mengapa benda yang berwarna hitam lebih menyerap panas daripada benda berwarna putih?
.Prasyarat pengetahuan
-Bagaimana aplikasi konsep pemanfaatan sifat kalor dalam kehidupan sehari-hari?
-Apakah perbedaan antara konduksi, konveksi dan radiasi?
.Pra eksperimen
-Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.Kegiatan Inti
.Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
.Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mentega, kapur barus, lilin, gelas kimia dan stopwatch.
.Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen hubungan antara kalor lebur dengan massa zat dan jenis zat.
.Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
.Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hubungan antara kalor lebur dengan massa zat dan jenis zat.
.Guru memberi contoh soal mengenai hubungan kalor lebur dengan massa zat dan jenis zat.
.Salah seorang peserta didik ditunjuk untuk menyelesaikan soal (dibimbing oleh guru) di hadapan peserta didik lainnya.
.Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemanfaatan sifat kalor dalam kehidupan sehari-hari.
.Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengenai macam-macam perpindahan kalor (konduksi, konveksi dan radiasi).
.Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan tabung reaksi, es batu, potongan kecil plat besi, pemanas serta dudukannya, labu didih, penyangga kaki tiga, air, zat pewarna, bohlam yang dicat hitam, bohlam yang dicat hitam dan pipa U.
.Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
.Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
.Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
.Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
.Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan sifat-sifat perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.

c.Kegiatan Penutup
.Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
.Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
.Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

V.Sumber Belajar
a. Marthen Kanginan. 2007. IPA FISIKA Untuk SMP Kelas V11. Jakarta: Erlangga, Hal 128-172.
b. Lembar Kerja siswa, Hal 13-18.
c.Alat-alat praktikum.

VI. Penilaian Hasil Belajar
a.Teknik Penilaian:
-Tes tertulis.
-Observasi.
-Tes Lisan
b.Bentuk Instrumen:
-PG
c.Contoh Instrumen:
Contoh tes PG
Jika memasak air, seluruh bagian air akan menjadi panas. Hal ini disebabkan kalor dipindahkan dalam air secara....
a.konduksi c.radiasi
b.konveksi d.infeksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar